BANYAK JALAN MENUJU SURGA


By : Ahmad Milady

Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya. Katakanlah: “Hai kaumku, beramallah sepenuh kemampuanmu, Sesungguhnya akupun berbuat (pula). kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan. (Al An’am ; 134-135)

► Beramallah sesuai kemampuan dan posisi kita masing masing, karena ‘amal itu adalah bibit kebahagiaan dan sumber ketentraman jiwa.

► Nabi bersabda :
يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيْلَةٍ صدقة وكل تَكْبِيْرَةٍ صدقة وَأمْرٌ بِالْمَعْرُوْفِ صدقة وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ, وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهَا مِنَ الضُحَى (رواه مسلم)
Setiap pagi itu tiap tiap ruas anggota tubuh kamu harus dikeluarkan shodaqohnya, maka setiap tasbih itu adalah shodaqoh, setiap tahmid itu shodaqoh, setiap tahlil itu shodaqoh, setiap takbir itu shodaqoh, menyuruh berbuat baik itu shodaqoh dan mencegah perbuatan munkar itu juga shodaqoh, dan semuanya itu bisa dicukupi dengan 2 roka’at shalat dhuha (HR. Muslim)

► Dalam hadits lain riwayat Muslim juga diterangkan ” … dan menyampaikan hajatnya pada isteri kalian adalah shodaqoh”

► Dari Abu DZarr al Ghifari berkata, Nabi bersabda : ” Jangan sekali kali kalian meremahkan ‘amal baik sekecilo apapun, walaupun hanya berupa pancaran wajah yang berseri seri dihadapan saudaram” (HR. Muslim)

► Dari Abu Hurairoh Nabi bersabda : ” Tiap persendian itu wajib dishodaqohkan pada tiap kali matahari itu terbit, mendamaikan 2 orang yang berselisih dengan adil itu shodaqoh,membantu orang mengangkat barangnya keatas kendaraan itu shodaqoh, dan menyi9ngkirkan gangguan dari jalan itu shodaqoh” (Bukhori Muslim)

► Dari Abu Hurairoh Nabi bersabda : ” Siapa yang pergi ke Masjid baik pagi maupun petang maka Allah menyediakan hidangan surga baginya pagi dan petang ” (Bukhori Muslim)

► Dari Abu Hurairoh Nabi bersabda : “wahai para wanita muslimah, janganlah merasa rendah seorang tetangga terhadap tetangganya untuk memberinya walau hanya dengan sepotong kikil kambing ” (Bukhori Muslim)

► Dari ‘Aadi bin Hatim berkata : aku pernah mendengar Rasul bersabda : “Takutlah kamu dengan neraka walau hanya dengan bershodaqoh sebelah biji kurma” (Bukhori Muslim) dalam riwayat lain : ” …jika tidak mampu cukuplah dengan kata kata yang baik ”

► Begitu banyak cara berbuat baik yang Allah sediakan buat hamba hamba-Nya, tinggal bagaimana kita mencoba melihat, mencermati, memahami lalu memanfa’atkan apapun yang ada dihadapan kita sebagai ladang ‘amal yang sangat menguntungkan. Ingat Sekecil apapun kebaikan itu pasti akan Allah perlihatkan manfaatnya kepada kita.

Wallohu a’lam

3 Tanggapan to “BANYAK JALAN MENUJU SURGA”

  1. Akhirnya bikin wordpress juga. Selamat Datang di dunia para bloger’s…..

  2. Ternyata tiket surga tidak semahal yang kita bayangkankan, banyak jalan menuju surga…

  3. sabar & jujur


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: