Siapakah Muslim terbaik itu…?


Katabahaa : Ahmad Milady

عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ : أَيُّ اْلاِسْلاَمُ خَيْرٌ ؟ قَالَ : تُطْعِمُ الطَعَامَ وَتَقْرَؤُ السَلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

Dari Abdullah ibn ‘Amr berkata ada seseorang yang bertanya kepada Rasul : “apakah Islam yang terbaik itu ? ” Rasul menjawab : ” memberi makan dan mengucapkan salam kepada orang yang anda kenal atau yang tidak ” ( HR. Muslim )

– Salam bukan hanya sekedar ucapan tapi yang dimaksud adalah tebarkan Kedamaian dimana saja kalian berada.

عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ عَمْرٍو ابن العاص أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ : أَيُّ اْلاِسْلاَمُ خَيْرٌ ؟ قَالَ : مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Dari Abdullah ibn ‘Amr berkata ada seseorang yang bertanya kepada Rasul : “siapakah Muslim yang terbaik itu ?” Rasul berkata : ” orang yang menjaga orang lain dari bahaya lidah dan sikapnya” ( HR. Muslim )

لاَ يُؤْمِنُ اَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ ِلأَخِيْهِ اَوْ قَالَ لِحَارِهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Dari Anas ra. Katanya Rasul telah bersabda : “belum sempurna iman seseorang sehingga mencintai saudara (tetangganya) seperti halnya ia mencintai dirinya sendiri ” ( HR. Muslim )

– Dari Anas ra. Katanya Rasul telah bersabda : “belum sempurna iman seseorang sehingga ia mencintaiku melebihi cintanya pada anaknya, orangtua dan manusia lainnya”( HR. Muslim )

– Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Nabi telah bersabda : “kamu tidak akan masuk surga sampai kamu beriman, dan kamu belum dikatakan mukmin sebelum kamu saling mengasihi satu sama lain. Sukakah kamu aku beritahukan cara untuk saling mengasihi? Sebarkan salam diantara sesamamu ” ( HR. Muslim )

– Nabi bersabda : ” sebaik baik iman seorang Mukmin adalah yang paling baik akhlaqnya ”

– Nabi bersabda : ” sebaik baik iman seorang mukmin adalah yang paling baik terhadap keluarganya ”

– Dari beberapa hadits diatas dapat dilihat ternyata keberislaman dan keberimanan seseorang itu diukur dari keperdulian terhadap sesamanya dan dari kualitas hablun minannaas.

Wallohu a’lam bis-showaab…

Satu Tanggapan to “Siapakah Muslim terbaik itu…?”

  1. bagus ustadz……..salam silturahmi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: