KIAT MERAIH PERCIKAN RAHMAT


Bulan ramadhan adalah bulan dimana Allah menabur dan menebar rahmat-Nya buat mereka yang berpuasa. Bulan dimana Allah menitipkan pesan pesan cinta-Nya buat kemanusiaan. Sebagaimana sabda Nabi :

“ Ramadhan adalan bulan yang pada awalnya Allah cucurkan rahmat, pada pertengahannya Allah limpahkan ampunan dan pada penghujungnya Allah berikan jaminan terbebas dari api neraka “ ( HR. Ibnu Hibban ).

Kita sangat membutuhkan rahmat ini, kerena memang kehidupan ini berjalan dengan alur rahmat-Nya, dalam kehidupan pribadi kita butuh rahmat Allah berupa ni’mat ni’mat yang terhampar, kita butuh udara, kita butuh sehat badan, kita butuh rizki yang luas, kita ingin semua kebutuhan kita terpenuhi, itu semua akan terwujud hanya dengan rahmat-Nya semata. Sebagai keluarga, kita ingin rumah tangga yang sakinah, kita ingin pasangan hidup yang shaleh/hah, kita berharap punya keturunan yang qurrota a’yun (sejuk mata memandang), lalu dengan cara apa kita mewujudkannya ? kita sering mendengar istilah “mawaddah warrohmah”, yaa kita rahmat untuk mewujudkan semua harapan itu. Sebagai anggota masyarakat dan warga negara kita butuh rahmat Allah untuk melimpahkan kesejahteraan kita sebagai anak bangsa, kita butuh stabiltas ekonomi, unsur unsur yang menunjangnya seperti pertanian, kita butuh tanah yang subur, petani butuh hujan, panen yang berhasil. Kita butuh stabilitas keamanan, kita butuh ketersediaan lapangan pekerjaan, penegakkan keadilan, suasana tenang dan damai, dll….. sahabatku, semua itu tidak akan terwujud jika tanpa adanya rahmat dari Allah swt. Bahkan di akhirat nanti untuk bisa masuk kedalam surganya Allah diperlukan tiket utama, apa itu ? RAHMAT ALLAH… sebagaimana Nabi menjelaskan kepada para sahabatnya : “kalian tidak akan masuk surga dengan banyaknya amal kalian…” sahabat bertanya : “engkau juga ya Rasuul ..? “, Nabi menjawab : ” yaa, aku juga demikian. (kita semua tidak akan masuk surga) kecuali hanya dengan RAHMAT Allah swt.”

Bulan Ramadhan inilah momentum yang sangat tepat untuk meraih percikan rahmat yang Allah turunkan berlimpah ruah ini. Lalu bagaimana jalan yang harus kita tempuh untuk meraih rahmat Allah itu…? Allah dan Rasul-Nya memberikan tuntunan tentang Kiat mencapai dan menggapai rahmat Allah itu, diantaranya :

1. jika ingin meraih cinta (rahmat Allah) maka terlebih cintailah sesama. Nabi bersabda :

“ Allah yang maha penabur rahmat (Pengasih) itu akan mengasihi hamba hamba-Nya yang Kinasih, maka sayangilah makhluq yang ada dibumi agar yang dilangit sayang kepadamu “.

2. kalau ingin mendapat rahmat maka sambung tali rahmat-Nya, apa itu tali rahmat ? ” Shilaturrahim “. Sabda Nabi :

“ (Rahim) Kasih sayang itu tergantung di ‘arsy. ( seakan akan ia berkata ) barang siapa yang menyambungku maka Allah akan menyambungnya dan barangsiapa memutuskanku maka Allah akan memutuskannya “
( HR. Bukhory Muslim ).

3. kiat meraih rahmat adalah Kedermawanan. sikap kedermawanan merupakan langkah yang paling kongkrit untuk meraih cinta Allah, terlebih lagi dibulan Ramadhan ini. Allah sangat sangat dekat kepada mereka yang memiliki sifat pemurah ini :

َالسَّخِيُّ قرِيْبٌ مِن اللهِ قَرِيْبٌ مِنَ النَاسِ قَرِيْبٌ مِن الْجَنَّةِ وَ بعِيْدٌ مِنَ النَارِ
“ Orang dermawan itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga dan jauh dari neraka “

( HR. ATTirmidzi )

4. kiat lain untuk meraih cinta sang Kekasih adalah dengan seringnya membaca surat cinta-Nya. Adapun surat cinta yang Allah kirimkan buat kita adalah al quranul Kariim. Mu’jizat terbesar, panduan keselamatan, sistem nilai dan aturan hidup. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai “SYAHRUL QURAAN” bulan diturunkannya alquraan. Jadi sudah sepatutnyalah jika ramadhan kita jadikan sebagai waktu untuk kita mendekat dan mencoba lebih berakrab diri dengan alquran, baik dengan caranya membacanya, bagi yang belum bisa membaca mari tumbuhkan kesadaran untuk mau belajar mengenal alquran, lalu mencoba memahami kandungannya, lantas menghayatinya dan untuk kemudian mengamalkannya… PETUNJUK HIDUP SUKSES itu sudah ada dirumah kita masing masing, tinggal kita sendiri yang menentukan pilihan mau memanfaatkannya atau tidak, atau kita malah lebih percaya dengan PETUNJUK HIDUP SUKSES karangan manusia lainnya…??? Wallahu a’lam.

5. TERUS BERDO’A agar kita termasuk hamba-Nya yang mendapatkan rahmat… ROBBIGHFIR LII WARHAMNII…. YA ARHAMHAMARROOHIMIIN IRHAMNAA…

Semoga catatan ringan ini membawa manfa’at buat kita memanfaatkan momentum ramadhan kali ini dengan sebaik baiknya… semoga Allah memberkahi dan merahmati kita semua… Aamiin yaa Mujiibas saa-iliin…

Salaaam…

Satu Tanggapan to “KIAT MERAIH PERCIKAN RAHMAT”

  1. bismillahirohmanirrohim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: